Sabtu, 09 November 2013

Medali Emas Olimpiade Milik Jesse Owens akan Dilelang

Salah satu dari empat medali emas Olimpiade yang dimenangkan oleh legenda atletik Jesse Owens di Olimpiade Berlin 1936 akan dilelang.

SCP Auction mengatakan medali itu diperkirakan bisa terjual hingga seharga US$1 juta dalam pelelangan daring yang akan digelar antara 20 November dan 7 Desember.

Owens memenangkan medali emas di nomor lari 100 meter, 200 meter, estafet 400 meter, dan loncat jauh di ajang Olimpiade yang dihadiri oleh Adolf Hitler itu.

Menurut rumah lelang yang berada di Laguna Niguel itu, medali itu tidak diketahui berasal dari nomor yang mana. SCP Auction menyebut Owen menyerahkan medali itu kepada sahabatnya, penari dan bintang film Bill 'Bojangles' Robinson sebagai tanda terimas kasih karena membantu Owen mendapat kerja di dunia hiburan setelah kembali dari Olimpiade Berlin itu.

Medali itu ditawarkan oleh keluarga mendiang janda Robinson, Elaine Plaines-Robinson.

Menurut Wakil Presiden SCP Auction Dan Imler, keluarga Robinson ingin menggunakan sebagian dari hasil penjualan medali itu untuk dana pendidikan anak mereka dan menyumbangkannya kepada yayasan amal. (Reuters)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Efek Blog