Minggu, 08 Desember 2013

Harga Logam Mulia Ini 3 Kali Lebih Mahal dari Emas

AKARTA - Rodium  merupakan logam mulia termahal di dunia. Harganya bahkan lebih dari USD6.000 per once. Sebagai perbandingan, harga emas hanya mencapai USD1.300-USD1.400 per once. Artinya, harga rodium tiga kali lebih mahal dari emas.

Seperti dikutip dari Market Locker, Minggu (8/9/2013), berikut ini adalah logam mulia yang paling populer di dunia:

1. PlatinumSekitar 85 persen dari pasokan platinium yang ada  berasal dari Rusia dan Afrika Selatan. Kira-kira 20 persen barang konsumsi tergantung pada logam mulia ini. Selain atribut fisik yang luar biasa telah membuat banyak industri bergantung pada penggunaannya, seperti alat pacu jantung, cat, bahan peledak, pupuk, kacamata, display LCD, kabel fiber-optik, obat anti-kanker, disk drive, dan aki. Semuanya berbahan dasar dari platinum yang merupakan komponen penting dalam konstruksinya.

2. RodiumRhodium merupakan logam mulia yang serupa dalam kelompok platinum. Berbeda dengan logam mulia lainnya, rodium tidak teroksidasi bila terkena udara dan mampu mempertahankan kilaunya. Maka dari itu, sejumlah perhiasan murah -dan kadang-kadang perhiasan mahal juga- itu dilapisi dengan rhodium guna meningkatkan kecantikan perhiasan mereka. Melihat hal tersebut, rodium sulit untuk dijadikan instrumen investasi karena ukurannya yang lebih kecil ketimbang logam mulia lainnya.

3. PaladiumPaladium adalah salah satu logam mulia yang mudah didapat di berbagai tempat termasuk di dunia online. Paladium ini memiliki prospek investasi seperti emas atau perak. ETF sendiri saat ini juga telah menawarkan investasi untuk penyimpanan fisik paladium.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Efek Blog