Senin, 02 Desember 2013

Tips Dalam Menjual Emas Batangan dan Perhiasan

Investasi emas yang sedang booming di negri ini membuat banyak orang tertarik dan ikut-ikutan membeli emas. Apalagi melihat trend harga emas yang sedang turun saat ini. Terkadang menjual emas, baik batangan maupun perhiasan tidak semudah waktu membelinya. Ada saja berbagai macam syarat dari para penjual emas (baca: toko emas) bahkan terkadang seenaknya memotong harga karena tidak ada sertifikat / nota pembelian. Ada yang mengatakan, membeli emas hanya perlu 5 menit, tetapi menjual perlu 50 menit.
Hal ini penting untuk anda ketahui karena mungkin pada suatu saat anda berencana mencairkan emas tersebut dalam bentuk uang tunai. Berikut tips-tips dalam menjual emas batangan atau perhiasan anda.
1. Cek harga pasar emas saat ini (on the spot & harga LM)
Cara termudah menurut kami (kilauemas.com) adalah dengan melakukan pengecekan secara online. Anda bisa cek di website terpercaya goldgram.co.id, mereka melakukan update setiap hari sekitar pukul 11.00.
Cara kedua adalah bertanya pada pegadaian atau bank. Anda bisa langsung menelepon mereka agar waktu lebih efisien. Bank rekomendasi saat ini adalah Bank BNI Syariah (BNIS) dan Bank Syariah Mandiri (BSM).
2. Ketahui tentang Karat
Sangat penting untuk mengetahui jumlah karat emas anda. Emas 24 Karat adalah yang paling murni
3. Ketahui berat emas Anda (gramasi)
Tipsnya adalah dengan keliling ke toko-toko emas, katakan anda berniat untuk menjual emas. Pemilik toko pasti menimbang dahulu berat emas anda. Catat, kemudian pergi ke toko yang lain untuk meyakinkan berat emas anda.
4. Membandingkan harga adalah hak anda
Jadi jangan malu ya keliling dari satu toko ke toko yang lain. Pemilik toko sudah biasa kok dengan sikap seperti ini, jadi cuek saja :). Emas itu adalah milik anda. Karena adalah hak anda untuk mendapatkan harga yang terbaik.
5. Carilah toko emas terpercaya.
Dalam hal ini cara termudah adalah dengan mengandalkan Mr. Google. Anda bisa cari lewat forum-forum, blog, dsb.
Tips: langsung datang ke lokasi dan datangi toko emas yang paling ramai atau dikerumuni pembeli.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Efek Blog