Sabtu, 07 Desember 2013

Mengapa emas mahal dibandingkan dengan besi???

Mengapa emas mahal dibandingkan dengan besi???
No Copas, tapi ngetik kembali

Saya pernah baca buku bahasa Indonesia SD taun '90an tentang "mahalnya harga emas", disitu dikatakan emas mahal karena sulit ditemui, dan besi murah karena mudah ditemui/ditambang. Memang masuk akal bila dalam ilmu perekonomian, hal yang langka dan dibutuhkan akan menjadi mahal, dan sesuatu yang mudah didapat tapi sedikit yang membutuhkan maka harga semakin murah.

Setelah saya masuk SMA tepatnya SMK, saya belajar kimia, dan disitu saya baru tau kalo unsur emas sulit sekali bereaksi dengan unsur lain, tahan disiram asam sulfat, tidak bisa berkarat, tidak perlu perawatan, penghantar arus listrik yang sangat baik. Bahkan dalam agama samawi manapun emas adalah unsur yang menjadi patokan kekayaan

Jadi, emas disebut logam mulia karena dia tidak terpengaruh oleh unsur lain, maka kalo orang yang mulia itu dia tidak pernah mendengarkan ucapan-ucapan orang sembarangan, dia hanya mau mendengarkan dari orang-orang yang mulia. Maka jadilah seperti emas, hehehe

Bagaimana dengan emas campuran?
emas campuran yaitu emas yang dicampurkan dengan unsur lain tapi dia (emas) tidak akan bereaksi dengan unsur yang dicampurkan, malah dapat dipisahkan bila suhunya dinaikkan sampai derajat tertentu, jadi itu adalah bukti kalo emas sulit sekali bereaksi.

Itu mungkin baru sedikit beberapa bukti nyata mengapa emas disebut logam mulia dan dalam kitab emas pun adalah lambang kekayaan, kita belum tahu bukti-bukti lainnya. Dan suatu saat nanti kita akan tahu kelebihan emas dalam masa depan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Efek Blog