Sabtu, 28 Desember 2013

pengertian karat dalam emas

sering mendengar emas dikaitkan dengan kata ‘karat’ ketika ingin mengetahui kemurniannya. Banyak orang sering juga membicarakan bahwa emas yang terbaik adalah emas 24 karat. Sebenarnya karat dalam pengertian emas itu apa?
Pengertian karat emas bukanlah lapisan merah (kekuning-kuningan) sebagai akibat proses kimia yang terjadi karena oksidasi logam dengan zat asam (oksigen) yg terdapat di udara atau yang dikenal dengan korosi. Karat adalah sistem pengukuran tingkat kemurnian emas. Kemurnian emas diukur berdasarkan jumlah persentase emas murni yang terkandung dalam suatu logam.

Di Amerika Serikat standar karat yang digunakan dalam perhiasan adalah :
18K = 18/24 bagian atau 75% nya emas. Sering di cap .750 pada bagian perhiasan.
14K = 14/24 bagian atau 58,5% nya emas. Sering di cap .585 pada bagian perhiasan.
10K = 10/24 bagian atau 41,67% nya emas. Sering di cap .417 pada bagian perhiasan.
Mengapa 24K tidak digunakan sebagai standarisasi perhiasan?
pengertian emas 
Emas dikenal sebagai logam yang langka dan memiliki sifat unik. Warnanya yang berkilau juga dipersepsikan orang sebagai logam yang sangat bernilai dan digunakan sebagai alat pertukaran. Mengacu kepada sifat uniknya, logam emas yang memiliki kadar kemurnian yang semakin tinggi, akan semakin lunak. Emas murni lebih lembut dibanding perak namun lebih keras dari timah. Untuk alasan inilah, jarang sekali ditemukan emas murni yang dijadikan sebagai perhiasan. Alasannya simple, it’s just too soft. Agak sulit bagi pengrajin untuk mempertahankan durabilitas barang tersebut ketika digunakan dalam aktivitas sehari-hari.
Penambahan logam-logam lain ke dalam emas murni bertujuan untuk meningkatkan tingkat kekerasan emas. Logam yang dipilih tentunya yang tidak akan mengubah kilau emas secara dramatis dan tentunya tidak membuat emas menjadi rapuh. Sebagai contoh, jika emas murni dicampur dengan logam indium, warna emas berubah menjadi ke-ungu-an dan mengubah sifat kekerasan bahan emas layaknya gelas. Sedikit tekanan, maka emas akan pecah layaknya sebuah gelas.
Tingkat kemurnian emas, disebut Karat. Nilai tertinggi untuk karat adalah 24. Sebagai contoh:
24 Karat Emas merupakan 24/24 emas, atau 100% Emas murni
18 Karat Emas merupakan 18/24 emas, atau 75% Emas dan 25% logam campuran lain
14 Karat Emas merupakan 14/24 emas, atau 58.33% Emas dan 41.67% logam lain.
Untuk membuat sebuah perhiasan, harus ada keseimbangan antara emas murni dan logam campurannya. Karena alasan teknik pembuatan dan keindahan, emas 18 karat lah yang paling banyak beredar di pasaran.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Efek Blog